Resto yang satu ini sebenernya nggak sengaja gue temuin waktu lagi di Shinjuku. Waktu itu gue dan Fa udah laper banget. Setelah titip koper di loker Stasiun Shinjuku, kita berdua langsung keluar stasiun dan berniat buat cari makan.

Karena buta arah dan hanya berbekal GPS, gue dan Fa ikut ke mana kaki melangkah aja. Lokasi resto sekitar 350 meter dari Exit Stasiun Shinjuku/Keio/Odakyu Dept. Store. Keluar stasiun langsung jalan ke arah kanan menelusuri trotoar menuju ke arah Uniqlo Shinjuku.

Nggak jauh dari Uniqlo, setelah menyeberang satu lampu merah, kita lihat ada KFC. Berhubung si Fa udah laper banget doi langsung beli KFC. Sementara gue agak jalan ke depan nyari tempat makan lain. Nggak jauh dari KFC (masih sederetan, sekitar 40 m dari KFC) bertemulah gue dengan Katsuya. Bener kata orang, jodoh emang nggak ke mana huehehehe..

Resto ini kecil banget, men. Tapi gue liat banyak orang keluar-masuk. Penasaran dong. Gue langsung kodein si Fa buat merapat. Sayangnya doi udah beli KFC duluan. HUFT! Akhirnya KFC di-take way biar bisa makan di resto bareng gue.

screenshot_6
Ini tempatnya Katsuya. Di sebelah COCO Curry House. Foto: Google Maps

Di depan resto kita clingak-clinguk. Seinget gue, ini makanan Jepang pertama yang kita coba sejak menginjakkan kaki di sana. Pas gue intip dari pintu kacanyanya cuma ada sekitar 12-14 kursi di dalam. Tujuh kursi berderet di sebelah kanan dan kiri, masing-masing dengan meja panjang. Jadi lo bakalan makan menghadap tembok. Interiornya sederhana banget, nggak ada apa-apa, cuma gambar-gambar menu yang dibingkai dan dipajang di dinding ruang.

screenshot_31
Interior di dalam. Ruangnya cuma segini. Foto: tabelog.com

Berhubung ini pengalaman pertama kita makan di Jepang, jadi kita rada norak waktu harus mesen makan lewat vending machine. HAHAHAHA! Biasalah penyakit katro!

Ternyata gampang dan praktis banget. Vending machine-nya ada di luar resto. Di vending machine itu udah tertera gambar menu beserta harganya. Gambarnya kecil-kecil dan pake bahasa Jepang, sih. Jadi, kalo lo nggak bisa bahasa Jepang, ya lo cuma bisa kira-kira aja menunya apa. Harga di resto ini mungkin termasuk standar kisaran 120 Yen (semangkok miso) sampai 1200-an yen.

collage
Vending machine. Gambar menu + harga sekecil itu. Foto: Yeonsu Moon

Nah, kalau udah tahu mau pesan yang mana, tinggal masukin uang ke mesin. Bisa pake receh atau uang kertas. Lalu, tekan gambar menu yang lo mau. Nanti bakal keluar, deh, kertas kecil berisi nama menu yang lo pesen. Lo tinggal bawa potongan kertas tersebut ke dalam resto dan lo kasih ke staf restonya.

Kalau bingung, panggil aja stafnya, mereka bakal siap sedia buat bantuin lo (terutama kalau lo bingung dan mau nanya menu itu mengandung daging sapi, ayam, atau babi hahahaha!) Stafnya baik-baik, kok, meskipun agak sulit berbahasa Inggris. Paling lo cuma bisa nanya “chicken? Pork? Or Beef?” hahaha…

Waktu itu akhirnya gue pesen paket katsu pakai miso sup (sekitar 680 yen). Si Fa yang awalnya mau makan KFC tergoda buat pesan juga. Hmmm… Doi akhirnya mesen chicken katsu yang pake saus manis.

collage1
Pesenan Fa                                                                                                         Pesenan gue

Setelah nunggu sekitar 20 menit akhirnya datang juga, tuh, makanan. Waktu liat makanannya, bener-bener more than I expected. Porsinya gede banget! Rasanya juga superb. Enak, men! Gorengan katsunya crunchy dan dagingnya lembut. Satu paket chicken katsu yang gue pesan sudah termasuk salad dengan mayonaise. Nah, untuk minumnya ada ocha yang disediakan free.

Chicken katsu punya Fa juga nggak kalah enak. Jenis tepung balutannya juga beda. Kalau yang chicken katsu punya gue, tepungnya semacam tepung tempura gitu. Kalau punya Fa tepungnya kaya tepung balut biasa. Tapi saus manisnya bikin rasa katsu lebih beda. Gue lebih suka rasa katsu punya Fa, sih. Tapi dua-duanya worth it! Miso supnya juga enak banget, men. Gurih banget dan bener-bener panas dengan potongan daun bawang.

Hampir semua menu di resto ini bentuknya katsu. Ada yang babi, sapi, dan ayam. Tinggal pilih aja mau yang mana.

Kebanyakan orang datang ke sini hanya untuk makan. Nggak ada, tuh, yang selesai makan pakai ngobrol dulu. Kayanya cuma gue sama Fa yang begitu, hahaha.

Pokoknya resto ini recommended banget. Kalau lo lagi di Shinjuku dan lagi laper banget, langsung cuss ke sini. Dijamin kenyang seharian!

Directions:

Berhubung Stasiun Shinjuku segede Gaban, dan ada banyak banget EXIT-nya, kalau tujuan utama lo mau nyoba makan Katsuya ini, gue saranin lo keluar langsung ke EXIT yang muncul-muncul di Odakyu Departement Store/Keio. Tapi gue lupa itu EXIT west, east, north atau south HAHAHA! Maap yak.

screenshot_4
Pokoknya patokannya luarnya ini: Shinjuku Station atau Keio sini, ya..
screenshot_7
Atau bisa juga di Odakyu Dept. Store cuma sebelahan sama Keiko tadi, kok..

Dari situ, langsung mengarah ke kanan ke arah Uniqlo. Terus aja jalan menelusuri trotoar. Setelah nyeberang lampu merah lo bakal liat plang KFC. Berarti dikit lagi nyampe tuh. Letaknya nggak jauh dari KFC. Restonya punya plang gede tapi pake huruf Jepang. Nama resto ada di pintu kaca. Letaknya persis di sebelah resto COCO Curry House.

screenshot_5
Jalan ke arah UNIQLO
screenshot_8
dari UNIQLO masih terus sampe lewatin lampu merah itu.

ascreenshot_9

Setelh lampu merah jalan dikit baru, deh, ketemu KFC. Katsuya berada di deretan yang sama dengan KFC.

Syampe, deh!

