hands-with-blank-label_23-2147516390 copy copy

Belajar dari kegagalan gue bikin foto KTP yang ciamik.. akhirnya gue bikinlah artikel ini, Tips Sukses Bikin foto ID. Penting, nih, biar foto di KTP, passport, CV, dan ID lo lainnya tetep keren.  Sebenernya nggak ada tip yang istimewa banget, tapi lo harus tau tip dan triknya juga seperti berikut.

Dandan

Semalas apa pun lo melakukan foto itu, usahakan tetap dandan. Buat cewek, nggak perlu dandan heboh ke salon apalagi sampe bikin sanggul dan payes. Cukup mandi terus pakai bedak aja dan eyeliner biar mata lo nggak keliatan sayu-sayu banget. Jangan lupa pake lipenstip dengan warna soft. Buat yang cowok pakailah baju rapi, rambut jangan lupa sisiran atau pakai pomade.

Senyum

Ini trik banget, ya. Banyak orang kecele dan nggak tau bahwa sebenernya foto ID tuh boleh senyum, asal nggak keliatan gigi. Tukang foto di kelurahan, imigrasi, atau polda itu terkadang nggak pake basa-basi. Mungkin mereka juga capek, kerjanya motoin ratusan orang tiap hari. jadi biasanya mereka nggak bakal heboh buat ngingetin kita saat foto. Jangan harap mereka bakal bilang, “Mba, alisnya kurang panjang sebelah deh… atau mba itu mukanya minyakan coba dilap dulu, senyum mba.” Jangan haraaaap.. So, satu-satunya hal yg bisa lo lakukan ketika sudah duduk adalah langsung  fokus ke kamera dan SENYUM (tanpa gigi). Kalo bisa lo udah mulai senyum saat lo memasuki ruangan itu. Percayalah itu sangat menolong.

Duduk tegak

Gua saranin duduk lo harus tegak. Kebanyakan bangku di tempat foto itu pasti bangku pendek atau bangku lipat biasa. Nah, jangan senderan. kalo lo nggak duduk tegak, foto lo bisa keliatan kaya lagi bungkuk.

Baca juga: Pengalaman rese gue foto e-KTP

Pertajam tatapan mata

Ini penting banget buat yang punya mata sayu. Berikan tatapan tajam ke kamera. Sebelum foto, buka dulu mata lo lebar-lebar, tapi bukan melotot, ya, diperbesar aja gitu.  Pemilik mata sayu kalo matanya nggak dilebar-lebarin pas difoto hasilnya bakal kaya orang beler nge-drugs putaw macam foto gue di KTP.

Latian dulu di rumah

Saat-saat foto identitas itu adalah hal yang paling mendebarkan. Ibaratnya kaya Leonardo DiCaprio mau nerima Oscar. Tiap tahun dia pasti latihan buat speech dulu biar ciamik speech-nya. Nah, ini gue saranin malam sebelumnya lo lakukan latihan dulu di rumah. Biar pas foto di hari-H, lo udah tau angle mana yang bagus buat muka lo. Nggak mau, kan, foto identitas lo jadi kaya foto KTP gue.. wakwaww!

Foto: freepik.com

Advertisements