Jadi, salah satu alasan kenapa gue inget buat ngeblog lagi adalah karena gue baru saja mengalami kejadian suatu hari lalu. Karena ceritanya panjang, akhirnya gue memutuskan untuk gue simpen dulu. Kayaknya lebih seru dicertain lewat tulisan.

Kejadian ini sebenernya hasil rekayasa gue sendiri alias gue yang buat. Terinspirasi dari Pidi Baiq yang suka ngerjain orang. Katanya biar hidup lebih berwarna harus cari-cari cara. Ya, udahlah gue lakukan.

Kebetulan malam itu lagi mumet banget gegara deadline di kantor. Berhubung lagi penat kayaknya asik, nih, bikin-bikin yang lucu biar penatnya ilang. Keluar dari kantor sekitar 20.45. Pas banget bensin motor udah sekarat sehingga mengharuskan gue untuk beli bensin tentu saja, bukan beli motor. Akhirnya gue memutuskan bakal beli bensin di pom bensin yang lokasinya udah mau deket rumah, sekaligus menjalankan aksi gue. Waktu itu sekitar pukul sepuluh malem kurang dikit lah gue sampai di pom.

Di pom bensin itu tempat ngisi bensin untuk motor dan mobil emang dibedakan. Untungnya malam itu antrean di tempat motor nggak rame-rame banget. Jadi gue pikir pas, nih, untuk beraksi. Soalnya aksi gue mengharuskan gue agak berlama-lama di pom bensin. Gue sengaja duluin motor yang baru dateng, biar gue ada di urutan terakhir. Akhirnya tiba giliran gue buat ngisi pertamax. Yang jaga mas-mas. Nggak terlalu tinggi, agak gemuk kulitnya item, usianya sekitar 30 lah.

“Penuh, mas. Perjalanan bakal jauh banget, nih!” kata gue sambil sok-sokan streching.

Eh, bener aja, umpan gue disambut manis sodara-sodara. Gue tarik masker ke bawah biar nggak nutupin mulut gue.

“Emang mau kemana, mbak?” Katanya.

“Bandung, nih.”

“Ngapain malem-malem gini ke sana? Kirain pulang kerja.”

“Pulang kerja, mah, udah dari tadi. Ini ke Bandung mau beli batagor.”

“Ha? Kok beli batagor?”

“Lah, batagor asalnya dari mana??”

“Bandung.”

“Ya makanya saya mau beli ke sana.”

Isi bensinnya udah selesai tapi gue sok-sokan beres-beresin barang dalam bagasi motor biar lama-lamain. Mumpung belom ada motor lain yang antre di belakang gue.

“Ngidam, mba?”

“Emang saya hamil pake ngidam.”

“Terus kenapa belinya di Bandung?”

Sebisa mungkin gue gunakan kalimat yang membuat dia semakin terasa penasaran. Biar perbincangan ini nggak cepat berakhir.

“Ya, karena asalnya dari Bandung, bapaaak… masa saya mau beli batagor ke Purwokerto,” kata gue.

“Ya, kenapa nggak beli di sini aja?”

“Beli di mana? Bapak jual??” kata gue dengan muka pura-pura kaget.

“Di Jakarta, bukan saya jual,” kata si bapak takut dituduh jualan batagor

“Emang ada yang jual batagor di Jakarta?? Kan, aslinya Bandung, paaak.”

“Ya ada atuh, mbak. Masa nggak ada…mbak bercanda aja.” Mulai heran sama dia sama gue.

“Ngapain saya bercanda, kalo bercanda mah ngapain keluar rumah malem-malem gini. Angiiin!”

“Di mana yang jual, pak? Seumur-umur saya belom pernah liat orang jualan batagor di sini. Saya mau beli buat besok saya bawa ke kantor soalnya besok saya ulang tahun,” ceritanya gue penasaran.

“Kantornya mbak di mana?”

“Kuningan.”

“Tadinya ini ke Bandung nanti balik lagi ke Jakarta gitu?”

“Iya, kan, besok saya ke kantor. Langsung ke kantor dari sana.”

“Emang temennya mbak nggak ada yang bilangin beli di sini?” Muka dia kaya mengasihani gue. Mungkin dia pikir gue anak yang dibuli oleh temen-temen gue.

“Nggak. Saya nggak punya temen. Jadi beli di mana, pak, batagornya?”

Sudah ada motor lain datang antre mau isi bensin.

“Di kuningan juga ada. Deket kantor,” katanya.

“Bener?”

“Iya, tanya aja nanti.”

“Ya udah saya nggak jadi ke Bandung malam ini, beli di Kuningan aja,” kata saya.

“Makasi, ya, Pak!” saya kasih uang beli bensin dua puluh empat ribu.

Gue tuntun motor gue menjauh dari si bapak, karena ada motor lain mau isi bensin. Sengaja gue tuntun, karena gue mau balik ke dia lagi. Baru sepuluh meter motor gue standar. Gue sok-sokan lari tergopoh-gopoh nyamperin dia. Gue ambil selembar lima puluh ribu yang dari awal udah gue siapin di jaket gue. Terus gue sodorin ke dia.

“Buat apa, mbak?”

“Buat bapak.”

“Nggak usah.”

“Nggak papa, kan, bapak udah kasih tau saya tempat beli batagor.”

Saat itu orang yang lagi ngisi bensin heran melihat kami berdua.

“Nggak usah, mbak, batagor emang banyak di mana-mana.”

“Kan, saya nggak tau. baru tau dari bapak. Nggak boleh nolak rejeki, pak,” sambil saya taro uangnya di tangannya. “Makasi ya, pak!”

“Eh, iya, makasi, mbak.”

Gue balik ke motor gue, terus gue lanjutin jalan pulang. Alhasil di jalan gue senyum-senyum sendiri. Penat gue langsung hilang! Di otak gue kebayang muka si bapak yang heran-heran kocak, hahaha! Anjir kocak banget mukanya, mirip kaya Narji tapi nggak pake tonggos. Sumpah gue nggak bakal lupa.

Mungkin si bapak juga nggak bakal lupa sama gue ya. Orang aneh yang mau ke bandung malem-malem naik motor cuma buat beli batagor. Orang yang mungkin nggak pernah dia temuin lagi. Tapi mungkin aja ketemu kalo gue isi bensin di sana lagi, kan, rumah gue deket, wee… Tapi pura-pura lupa aja, ah, kalo dia inget gue.

